Pemberitahuan

untuk mengetahui informasi terkini tentang  pensiun, halaman pemberitahuan ini sengaja dibuat khusus, untuk mengupdate Informasi informasi terbaru.

Hal hal yang harus diketahui oleh Para Pensiunan yaitu :

SURAT KETERANGAN KULIAH ANAK

Bagi pensiunan Taspen dan Asabri ada kewajiban yang harus dipenuhi yakni menyerahkan surat keterangan kuliah anak, ketentuan ini diberlakukan terhadap pensiunan sendiri, janda/duda serta pensiun Yatim-piatu.

ketentuan penyerahan surat keterangan kuliah yaitu ketika anak berusia 21 tahun sampai dengan 25 tahun berstatus mahasiswa, wajib untuk menyerahkan surat keterangan kuliah anak!

   adapun penyerahan surat keterangan kuliah tersebut dilakukan persemester, sampai   dengan anak tersebut menyelesaikan kuliahnya.

ini dimaksudkan untuk menghindari penyetopan tunjangan anak dari gaji pensiun itu sendiri.  apabila bapak/ibu merasa gaji pensiun nilainya menurun, ada baiknya bapak cek terlebih dahulu, perhatikan di slip gaji apakah tunjangan anak hilang? jika tunjangan anak hilang dari daftar gaji, maka secepatnya Pensiunan meyerahkan Asli surat keterangan kuliah anak terbaru, serta foto copy Karip pensiun/foto copy sk pensiun ke kantor Taspen dan Asabri terdekat.

SPTB (SURAT PENGESAHAN  TANDA BUKTI DIRI)

Bagi para pensiun baik  lama maupun pensiun baru,ada beberapa  kewajiban mesti dipenuhi  yakni mengisi dan menyerahkan kembali lembar SPTB ke kantor TASPEN n Asabri.

Pengisian SPTB dilakukan per tahun ganjil, jadi setiap tahun ganjil SPTB wajib isi dan diserahkan kembali. Biasanya SPTB oleh pihak TASPEN dikirim kerumah pensiun masing masing, atau dikantor bayar pensiun dimana tempat mengambil gaji bulanan.  Tetapi apabila lembar SPTB belum diterima di awal tahun. Sebaiknya bapak/ibu mengambil langsung formulir SPTB di Kantor TASPEN maupun ASABRI. Atau formulir SPTB bisa di download disini

Pengisian data SPTB harus isi dengan selengkap lengkapnya, alamat jelas, serta cantumkan nomor telepon atau nomor hp yang masih aktif dan bisa dihubungi.

Apabila terjadi perubahan alamat segera cantumkan alamat baru tersebut. Setelah itu apabila semua data telah diisi dengan lengkap dan benar, maka formulir tersebut diketahui oleh pejabat setempat yang berwenang ex. Kepala desa atau Lurah.

Penyerahan SPTB langsung ke kantor TASPEN dan ASABRI atau dikirim melalui jasa kantor POS, untuk SPTB jangan lupa dilampirkan foto copy Karip Pensiun.

 

 

SPT PAJAK

Hal berikutnya yang perlu diketahui adalah SPT PAJAK.

Setiap warga negara taat dan sadar pajak, pasti tau donk yang namanya SPT tahunan.

Yupp,, benar setiap awal tahun wajib melaporkan jumlah penghasilan, atau jumlah kekayaan yang telah dikenakan pajak pada pemerintah. Sebagai tanda buktinya yaitu mengisi SPT tahunan dan menyerahkan kembali kekantor pajak pratama terdekat.

Nah,, Khusus Pensiunan, ketentuan penghasilan dikenakan pajak, yaitu minimal gaji pokok pensiun 1,3 juta, sudah dikenakan pajak.

Untuk pajak itu sendiri sebenarnya nihil. Maksudnya nihil, pajak itu sendiri sudah disubsidi oleh pemerintah kemudian pemerintah memotong pajak tersebut kembali.

Untuk itu kewajiban pensiun hanyalah melaporkan hasil pemotongan pajak tersebut kekantor pajak pratama terdekat.

Untuk mendapatkan lampiran SPT pajak namanya 1770 ss bisa bapak ambil di kantor pajak, sedangkan lampiran bukti pemotongan pajak namanya 1771 A2 bisa diambil dikantor Taspen/Asabri terdekat.

Satu hal lagi..

Bagi yang merasa penghasilan sudah dikenakan pajak, wajib membuat NPWP, bagi yang belum mempunyai silahkan datang kekantor pajak pratama terdekat dengan membawa foto copy ktp dan foto copy karip. Setelah mendapatkan npwp hal selanjutnya yang harus dilakukan ialah menyerahkan fotocopy npwp 1 lembar dan fotocopy karip pensiun 1 lembar kekantor  Taspen/Asabri.

Adapun sanksi administratif bagi pensiun yang tidak menyerahkan NPWP adalah akan dikenakan sanksi 20% dari nilai pajak yang dikenakan

Dan apabila pensiun tidak menyerahkan lampiran pajak 1770 ss dan 1771 A2 kekantor pajak maka akan dikenakan sanksi administrasi sebesar kalo tidak salah 100-200 ribu rupiah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: