Layanan Informasi Pensiun Taspen

SelAMaT DaTAnG

Sebelum memulai pencarian, ada baiknya membaca RULe (petunjuk) terlebih dahulu ini dimaksudkan agar Bapak/Ibu tidak salah nantinya. Adapun yang harus Bapak/Ibu ketahui adalah :

  1. Bapak/Ibu harus mengerti Proses Klim apa yang akan diajukan nantinya, contoh : bapak/Ibu sebentar lagi akan pensiun, maka persyaratan dan formulir yang diambil adalah Persyaratan Pensiun Pertama dan Formulirnya adalah SP4 A & SP3 R, begitu pula untuk proses klim lainnya,  So!! BACA TERLEBIH DAHULU PERSYARATAN YANG AKAN DI DOWNLOAD SERTA PAHAMI!!
  2. Pengisian Formulir harus Jelas dan Lengkap,yang terpenting adalah alamat rumah serta No Telp Aktif dan bisa dihubungi, jangan lupa perhatikan dibeberapa formulir seperti SPTB,SURAT KUASA AHLI WARIS,SURAT KETERANGAN JANDA/DUDA,SURAT KETERANGAN PENGUBURAN pengesahan formulir tersebut Mesti Pejabat berwenang, kepala lurah, kepala desa atau Camat!!! dan dicap Basah.
  3. Untuk Persyaratan lainnya harus dilengkapi,
  4. Apabila Terjadi keraguan dalam pengisian Formulir, Bapak/Ibu bisa melihat contoh-contoh Formulir yang sudah diisi, klik disini
  5. Jangan Lupa mencantumkan, mengisi nama kantor bayar pensiun yang dituju, apabila di kantor pos bapak/ibu cukup menuliskan saja, apabila  pembayaran pensiun melalui Bank wajib melampirkan foto copy buku rekeningnya.
  6. Untuk pengajuan Klim harap diajukan dibawah jam 12.00 siang, diatas jam 12 siang tidak dilakukan pembayaran
  7. untuk pembayaran klim harap Ahli waris sah datang langsung ke kantor Taspen tidak bisa diwakilkan
  8. dan yang terakhir ALamat Kantor TASPEN Seluruh indonesia bisa Bapak/Ibu lihat DISINI

 

PENTING !!!

 

 

untuk formulir dan persyaratan pensiun hosting nya di ziddu, bagi yang belum mengerti cara download di ziddu, ada baiknya membaca Tutorial di bawah ini

TUTORIAL DOWNLOAD

tutorial download di ziddu

 

  1. selamat Pagi.
    Alm.ibu saya adalah Guru SMAN 5 Sby, dan kami pihak keluarga sdh menerima SK DUDA otomatis dari JKT. Bpk saya sdh menerima uang duka dari TASPEN Sby, tp untuk tunjangan hari tua setiap bulan sampai skrg 24-1-2012 blm diterima. saya sebagai anak, sdh mencoba usaha apapun baik ke BKN – BKD tidak menemui hasil nya. inti nya ket.tgl yg tertera di SK DUDA otomatis Alm.ibu saya untuk Bpk. tidak diakui oleh TASPEN Sby, padahal saya sdh mendapat ket. dari SEKNEG JAKARTA bahwa tidak perlu dibatal kan/diganti karena SK DUDA tersebut secara OTOMATIS. dan sekali lagi SK DUDA ini ke JKT lagi…. kenapa begitu rumit. padahal ini adalah HAK Bpk saya. mohon penjelasan /solusi nya…. terima kasih.

    • maaf baru dibalas,,emm begini,,terkadang untuk human error sering terjadi,hal ini bisa terjadi juga pada pembuatan sk pensiun.
      sering terjadi salah perhitungan antara BKD dan BKN.hal ini pernah saya temui kasusnya..harap dimaklumi.
      taspen bukan mempersulit atau menghambat pembayaran tetapi taspen mengacu pada peraturan yang ada. dan saya rasa apabila toh nantinya petugas taspen dalam perhitungan terjadi kesalahan pembayaran hak pensiun,,toh uang kekurangan langsung dibayarkan dan itu pernah saya temui
      .dan saya rasa merevisi SK pensiunnya adalah alternatif terbaik.

  2. Sore..mau nanya, bpk saya pns dan sudah almarhum,ibu saya jg pns aktif dan selama ini menerima pensiunan janda beranak 4. 1) bagaimana status pensiunan bpk saya jika seandainya posisi ibu saya menikah lagi? 2) bagaimana kalau menikah siri dan pernikahan tidak didaftarkan? 3) selanjutnya apa nantinya pensiunan ibu yg berhak menerima suami barunya atau anak2,soalnya posisi menikah lg anak2 tdk setuju. makasih penjelasannya

    • 1, pensiun jandanya akan hilang, dan apabila masih ada anak yang berada dibawah 25 tahun maka akan turun ke pensiun yatim piatu
      2, apabila terjadi pernikahan siri pensiun tetap akan dibayarkan,,akan tetapi apabila dikemudian hari terjadi permasalahan dan pengajuan klim,,maka pensiun yang terlanjur dibayarkan akan dihitung hutang dan apabila ybs meninggal,, maka hutang akan ditanggung oleh ahli warisnya.
      3. apabila ybs menikah lagi,,sebaiknya lapor ketaspen dengan membawa fotocopy karip dan buku nikah yang dilegalisir oleh lurah atau kades, maka pensiun jandanya akan distop dan diturunkan ke yatim piatu ( anak yg berusia dibawah 25 tahun)
      suami kedua tidak berhak menerima pensiun janda atau yatim piatu.

      • maaf masih mau tanya lagi,masih belum jelas…
        1. Permasalahan/pengajuan klaim yg seperti gmn pak ya contohnya?
        2. Kalau ibu menikah lagi secara resmi (meski anak2 tdk setuju),yg berhak menerima pensiun bapak kan anak2 dibawah 25th,yaitu pensiunan yatim piatu. Yang saya tanyakan setelah nanti ibu saya pensiun,yang berhak menerima pensiunan ibu suami baru ato anak2 (seandainya ibu meninggal dunia) misal anak2 saja yang didaftarkan bisa ato tidak? dan bagaimana misal ibu dan suami baru punya anak lagi, siapa yang berhak menerima pensiun ibu nantinya?
        3. kalau pensiunan yatim piatu, yang mengambil ibu atau anak2, masuk rekening ibu atau anak2. misal posisi ibu dan anak2 trs berjauhan?
        4. berapa prosentase pensiunan janda? dan berapa prosentase pensiunan yatim piatu?
        5. kalau ibu pensiun,kira2 prosentase yg diterima brp?
        Terima Kasih yg sedlm2nya…

  3. Dian Kurniawan

    TASPEN sudah kirim surat ke SESNEG mengenai TMT almh ibu, & sudah dipertegas dgn jawaban SESNEG bahwa SK tidak bisa diganti & otomatis menjadi SK duda bapak, ini sudah tahun ke – 3 pak, TASPEN & SESNEG sama2 keukeh dengan pendapat masing2. Dan KARIP bapak saia sampai sekarang belum keluar, Bagaimana saya harus sikapi hal ini pak? Sedangkan bapak butuh biaya hidup. Apa kiranya boleh saia mengadu ke jalur hukum? Jujur saya capek pak, saya lelah harus wira – wiri. Sedangkan bapak sudah tua, jd gak mungkin saya ajak urus. Mohon bantuannya. Terima kasih

  4. Salam hangat,
    Saya adalah penerima pensiun dari alm. mama saya.
    Saya belum bekerja, namun sudah berumur 21 tahun. Apakah benar bahwa hak pensiun saya hilang setelah berumur 21 tahun?
    trims infonya :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: